Apa makna hidup kita di dunia ini sebenarnya?

From ; ragambahasakita.blogspot.com

From ; ragambahasakita.blogspot.com

Makna hidup adalah salah satu bahasan penting yang mungkin di antara kita banyak yang belum tahu. Pentingnya mengetahuia makna hidup, karena dengan memahami makna hidup itulah kita bisa menjalani hidup yang lebih baik dan lebih bermakna.

Kehidupan

From : sutris.blogspot.com

From : djaborapdeviantrat.com

Kehidupan kita di dunia sebenarnya akan menentukan kehidupan kita di akhirat.Bawasannya kita tidak boleh sembarangan menentukan makna hidup berdasar sumber atau konsep-konsep yang tidak jelas asalnya.

Jika kita sampai salah memaknai hidup ini, kemudian kita hidup dalam lingkaran makna yang salah, Maka bisa di tebak kearah mana kita akan hidup ini. Jika kita sampai salah memaknai hidup ini, kemudian kita hidup dalam lingkaran makna yang salah, Maka bisa di tebak kearah mana kita akan hidup ini.

Mengetahui makna adalah hal yang penting, bukan main-main. Tidak ada pemikiran segmental yang membedakan urusan dunia dan akhirat. hidup di dunialah yang menjadi penentu hidup di akhirat.

Mungkin dengan beberapa metode-metode mutakhir, kita akan menemukan berbagai metode yang berhubungan dengan makna hidup atau tujuan hidup. Dengan mengerti makana hidup insya alloh kita akan sukses di dunia dan suksess di akhirat. aminn

“pemahaman hidup yang dangkal adalah sebuah tindak kriminal yang keji”  (muhammad Al Ghazali)

Menemukan Makna Hidup yang Benar

Bagaimana kita menemukan makna hidup yang benar?

From : ragambahasakita.blogspot.com

From : ragambahasakita.blogspot.com

Untuk menemukan makna hidup yang benar, maka kita butuh rujukan yang tidak ada keraguan lagi padanya yaitu Al – Quran yang mrupakan firman allah yang menciptakan alam semesta beserta isinya. Tentu allah yang tahu lagi mengetahui tentang hidup kita. dan Al – Hadist yang merupakan ucapan dari rosulullah SAW (Nabi akhir zaman).

Lalu bagai mana kalau sumber rujukannya bukan dari al – quran dan al – hadist?

Jiika rujukannya bukan dari al – quran dan al – hadist bukan berarrti salah, namun perlu kita fikirkan lebih mendalam lagi.

Sudah banyak bukti-bukti kebenaran al quran, hanya saja ada orang – orang yang tidak mau mengakui kebenaran al quran sehingga membuat hukum,kebenaran-kebenaran baru. Ini adalah masalah iman, perbedaan antara orang yang beriman dan orang yang tidak beriman.

Jika kita adalah orang yang beriman tentu kita akan menerima kebenaran-kebenaran dalam Al Quran yang merupakan sumber-sumber kebenaran sejati.

From ; sutris.blogspot.com

From ; sutris.blogspot.com

Untuk itu, jika kita ingin menemukan makna kehidupan, kita harus bertanya : ” sesungguhnya apa makna hidup menurut al quran?”. Jadi silahkan baca dan fahami al quran beserta maknanya atau bisa meminta bimbingan kepada ahlinya yang terpercaya.

Beberapa pemahaman tentang makna hidup menurut al quran

  • Hidup adalah ibadah
    Dalam islam intinya kita hidup adalah untuk beribadah,Kita hidup dunia ini tidak lain hanyalah untuk beribadah kepada sang pencipta kita yaitu allah SWT. Makna ibadah yang dimaksud adalah pengertian ibadah yang benar, bukan hanya Sholat,puasa,zakat, dan haji saja, tetapi ibadah disini adalah ibadah dalam setiap aspek kehidupan kita.

    From : sayahafiz.com

    From : sayahafiz.com

    Artinya : ” DAn aku tidak menciptakan jin dan manusia kecuali untuk menyembah-ku” (Qs Adz Dzaariyaat : 56 )

  • Hidup Adalah Ujian
    Seperti firman allah dalam Qs Al Mulk (67) : 2

    From : legacy.quran.com

    From : legacy.quran.com

    Artinya : “Dialah yang menciptakan kematian dan kehidupan, unuk menguji siapakah yang paling berlaku baik di kalangan kamu, dan allah itu maha perkasa lagi maha pengampun”

    Dan allah akan menguji manusia melalui hal-hal yang tertera sesuai dalam Qs Al Baqarah (155-156)

    From : buletinmi.com

    From : buletinmi.com

    Artinya : “Dan sungguh kamu akan berikan cobaan kepadamu,dengan sedikit ketakutan,kelaparan,kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan berikanklah berita gembira kepada orang-orang yang sabar [155] (Yaitu) orang-orang yang apabila di timpa musibah,mereka mengucapkan : “Inna lillahi wa innaa ilaihi raaji’uun”. [156]

  • Kehidupan di Akhirat Lebih Baik Daripada Kehidupan di Dunia
    Allah berfirman dalam Qs Al ‘imran (14)

    From : theonlyquran.com

    From : theonlyquran.com

    Artinya : “Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini,yaitu; wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenagan hidup di dunia, dan di sisi allah-lah tempat kembali yang baik (surga).”

    Allah juga berfirman dalam Qs Adh Dhuha (4)

    From : ahadees.com

    From : ahadees.com

    Artinya :”Dan sesungguhnya hari kemudian itu lebih baik bagimu daripada yang sekarang (permulaan).”

  • Hidup di Dunia Adalah Sementara
    Allah berfirman dalam Qs Al Mu’min (39)

    From : theonlyquran.com

    From : theonlyquran.com

    Artinya : “Hai kaumku, sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah kesenangan (sementara) dan sesungguhnya akhirat itulah negeri yang kekal.”

    Dalam Qs Al Anbiyaa (35)

    From : legacy.quran.com

    From : legacy.quran.com

    Artinya :”Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya) dan hanya kepada kami-lah kamu dikembalikan.”

Supaya Hidup Kita Lebih Bermakna

Setelah kita memahami tentang makna hidup, untuk itu langkah selanjutnya yang harus kita lakukan adalah menyelaraskan hidup kita dengan makna hidup tersebut. Dengan begini akan menjadikan kita hidup lebih bermakna.

Apabila kita sampai salah memaknai hidup, lantas apa yang akan kita dapatkan dari hidup ini?

Beberapa cara menyelaraskan makna hidup seperti di atas :

  1. Apabila hidup adalah ibadah, maka pastikan segala aktivitas yang kita lakukan adalah ibadah.
    Caranya ialah niatkan aktivitas yang akan kita lakukan untuk ibadah.Selanjutnya pastikan segala apa yang kita lakukan sesuai tuntunan.

    From : murtadhoali.blogspot.com

    From : murtadhoali.blogspot.com

  2.  Apabila hidup adalah ujian, maka cara yang paling amouh untuk menyelaraskannya adalah menjalani hidup dengan penuh kesabaran.

    From : katakata-mutiara.com

    From : katakata-mutiara.com

  3. Apabilah kehidupan akhirat itu lebih baik daripada kehidupan dunia, maka kita harus bersungguh-sungguh memperioritaskan kehidupan akhirat. Bukan berarrti kita harus melupakan kehidupan dunia, melainkan menjadikan kehidupan dunia sebagai bekal kehidupan akhirat.

    From : saydha.wordpress.com

    From : saydha.wordpress.com

  4. Apabila kehidupan di dunia ini adalah sementara, maka di perlukan kesungguhan (ihsan) dalam segala amalan. Tidak lagi untuk bersantai-santai, mengandai-ngandai, apalagi malas karena kita hidup tidak kekal. Bertindaklah sekarang, beegeraklah sekarang, dan berlomba-lombalah dalam kebaikan.

    From ; abiummi.com

    From ; abiummi.com

Sebenarnya, segala yang ada di dalam Al quran, tidak ada keraguan lagi kebenarannya, jika ada kesalahan itu adalah milik saya pribadi dan apabila ada manfaatnya itu adalah milik kita semua. Semoga usaha kita untuk memahami makna hidup menjadikan kita hidup lebih bermakna. aminn ..

Speak Your Mind

*