Belajar Naik Sepeda

From ; motivatweet.com

From ; motivatweet.com

Pengalaman naik sepeda pertama adalah hal masih melekat erat di ingatanku, tentu belajar pertama adalah hal yang tidak mudah untuk kita lakukan,seperti kita mendaki unung harus terus mendaki biar sampai puncak begitu pula harus terus mencoba dan belajar agar bisa mengendalikannya.

Sepeda

Belajar sepeda pertama menjadi hal yang paling menyenangkan dan pastinya menakjubkan. Bagaimana bisa, zaman dulu waktu saya kecil sepeda masih menjadi primadona transportasi sehari-hari, sebelum ledakan pasar sepeda motor dan mobil seperti saat ini.

From : industri.kontan.co.id

From : industri.kontan.co.id

Zaman dulu sepeda motor hanya beberapa orang saja yang memilikinya, itupun hanya milik kaum orang berada, pembeliannya harus cash, harganya tidak murah dan tidak ada cicilan, betapa susah kalu di bayangkan seperti zaman dulu.

Kelapangan

Di pagi hari yang cerah masih sangat sejuk, matahari baru menampakkan sinarnya, aku dengan semangat bersama sepedaku menuju ke lapangan di dekat rumahku, setelah sampai di lapangan, rasa takut menyelimutiku saat aku mulai menginjak pedal sepedaku.

Aku mulai mengayuhnya, namun aku tidak yakin aku akan bisa, tapi dalam hatiku berkata”tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, selama kita mau mencoba dan berusaha”.

Menyeimbangkan

Belajar sepeda saat itu yang paling susah menurut saya adalah menyeimbangkannya, dimana aku harus menjaganya agar tidak jatuh ke kanan, ke kiri ataupun ke depan,belakang. Pernah sesekali karena aku belum bisa menyeimbankannya aku mencium tanah di depanku hhe, tidak membuat aku menangis justru aku semakin tertantang untuk menaklukkannya.

From : kekenaima.com

From : kekenaima.com

Aku terus mengayuhnya dan mulai jatuh bangun, hingga beberapa kali aku jatuh dan tubuhku di hiasi dengan luka-luka kecil yang imdah menurutku. dalam jangka 4 hari aku sudah dapat menaikinya.

Mulai saat itu aku senang sekali bersepeda, bersekolah,ke pasar,bermain. Walau sedikit capek dan bekeringat tidak membuat aku malas untuk terus menaikinya kemanpun aku pergi.

Beberapa Cara belajar Naik Sepeda

  1. Berlatihlah di Tempat yang Aman
    Belajar di permukaan aspal merupakan area yang paling mudah untuk mengendarai sepeda,namun berbahaya jika jatuh atau banyak kendaraan terlebih di jalan raya.Anda dapat berlatih di lapangan atau di area khusus yang lebih aman, dan jangan lupa pakai peralatan keamanan seperti helm,pelindung siku dsbg.Dimanapun itu tempat anda berlatih, Pastikan bahwa tempat tersebut di rasa aman dan merupakan tempat dengan permukaan rata dan terdapat tanjakan kecil (untuk mencari momentum).
  2. Pastikan Anda Tahu Bagaimana Menaiki Sepeda dengan Aman
    Jika anda baru pertama menaiki sepeda, atur sadel ke posisi rendah agar kaki anda dapat menyentuh tanah saat anda duduk di atas sadel sepeda,anda juga harus memperhatikan tekanan udara pada ban,rem dan lainnya.Jika anda memakai celana panjang, pastikan anda menggulung sebagian agar tidak mengenai rantai saat mengayuh sepeda. Hindari juga memakai rok atau baju yang kebesaran dan sepatu tipis yang dapat membahayakan anda saat berhenti tanpa rem.
  3. Pastikan Anda Tahu Cara Mengerem
    Pengereman sebaiknya dengan perlahan-lahan pada jarak yang agak jauh sehingga anda merasa siap jika ingin berhenti,turun dari sepeda.
  4. Naiki Sepeda Anda
    Dengan mengatur posisi sadel agak rendah akan mempermudahkan anda untuk berlatih menaiki sepeda.
  5. Mulailah Berlatih Keseimbangan di atas Sepeda Anda

    Naiki sepeda dan dorong tubuh dengan kaki tetap berada di atas tanah dan rasakan sensasi naik sepeda,bagaimana mengemudikannya.Lakukan cara ini secara terus menerus sampai anda merasa yakin untuk mengendarai sepeda. Setelah itu cobalah hal yang sama namun angkatlah kaki sambil mengayuhnya dan rasakan anda seperti meluncur, jangan lupa perhatikan posisi tumbuh anda untuk condong ke depan agar dapat menjaga keseimbangan.
  6. Lakukan Latihan di Permukaan yang Sedikit miring
  7. Bersiaplah untuk Mengendarai Sepeda

  8. Berlatih di Bidang Datar,menurun dan menanjak

 

Speak Your Mind

*