Sejarah, Cara Membuat Anyaman Tangan Khas Indonesia yang Mendunia

Biasanya sih anyaman yang dibuat menggunakan bahan dari kertas. Kira-kira pengertian anyaman itu sendiri itu apa sih ? Dalam artikel ini kita akan coba mengulas lebih dalam mengenai anyaman. Mulai dari pengertian anyaman, sejarah anyaman, berbagai motif anyaman, jenis-jenis anyaman beserta tips dan cara membuat anyaman agar terlihat unik dan menarik. Berikut ini adalah penjelasan lebih lengkapnya :

 Pengertian Anyaman

http://tulisansebuahpensil.blogspot.co.id

Anyaman adalah seni yang mempengaruhi kehidupan dan kebudayaan masyarakat Melayu. Menganyam merupakan sebuah proses menjaringkan atau menyilangkan bahan-bahan tertentu seperti rotan, lidi, akar, pandan, dan sebagainya menjadi satu rumpun yang kuat dan bisa digunakan. Menganyam merupakan sebuah seni tradisi tertua di dunia.

Konon katanya kegiatan menganyam ini di tiru oleh manusia dari cara burung yang sedang membuat sarangnya dengan menggunakan ranting-ranting yang disatukan. Sejarah dan Asal Usul Anyaman Cara Membuat Anyaman Cara Membuat Anyaman Seni anyaman merupakan tradisi masyarakat Melayu yang masih sangat di kagumi dan di sukai sampai saat ini.

Kegiatan menganyam ini telah ada semenjak zaman dahulu kala. Hal ini bisa dilihat dari rumah-rumah orang zaman dahulu, dimana dinding rumah mereka masih menggunakan bambu yang di anyam. Kemudian atap rumah orang zaman dahulu masih menggunakan nipah. Seni kerajinan tangan anyaman merupakan suatu karya yang unik dan rumit dalam proses pembuatannya.

Namun usaha untuk mempertahankannya harus tetap diteruskan agar tidak termakan oleh perkembangan zaman. Menurut Siti Zainun dalam buku Reka bentuk kraftangan Melayu tradisi, menyatakan pada zaman pemerintah Long Yunus (1756-1794) di negeri Kelantan, penggunaan anyaman digunakan oleg Raja.

Anyaman tersebut terkenal dengan sebutan “Tikar Raja” Baca juga artikel : 47 Panggilan Sayang untuk Pacar yang Super Unik dan Lucu ! Macam Macam Anyaman Kerajinan Anyaman Cara Membuat Anyaman Berikut ini adalah beberapa macam anyaman yang sering digunakan di Indonesia :

1. Anyaman Mengkuang Anyaman ini terbuat dari daun mengkuang. Contohnya adalah tikar, tudung saji, dan lain sebagainya

2. Anyaman Pandan Anyaman ini terbuat dari daun pandan. Contohnya adalah tikar untuk sholat dan hiasan dinding.

3. Anyaman Buluh Anyaman ini terbuat dari jenis-jenis buluh. Contohnya bakul untuk bekas pakaian, nyiru, beg, dan lain sebagainya.

4. Anyaman Rotan Anyaman ini terbuat dari tanaman rotan. Contohnya bakul, tampat buaian anak, dan lain sebagainya.

5. Anyaman Lidi Anyaman ini terbuat dari lidi yang berasal dari tulang daun kelapa. Contohnya lekar. 6. Anyaman Ribu Ribu Anyaman ini terbuat dari tanaman paku pakis reibu-ribu. Contohnya bakul, tempat tembakau, dan lain sebagainya.

7. Anyaman Kertas Anyaman ini terbuat dari kertas. Contohnya hiasan dinding. Cara Membuat Anyaman dari Bambu Anyaman Rotan Cara Membuat Anyaman Anyaman bambu memang tidak ada habisnya untuk dibuat sebagai kerajinan tangan yang mempunyai nilai guna dan nila seni yang sangat tinggi.

Cara Membuat Anyaman dari Bambu

http://tulisansebuahpensil.blogspot.co.id

Berikut ini beberapa tips untuk kamu yang ingin membuat anyaman dari bahan bambu.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah siapkan terlebih dahulu bahan utamanya yaitu bambu. Pilihlah bambu yang sudah kuat dan jangan menggunakan bambu yang terlalu tua. Karena akan sulit untuk dibentuk.

Sedangkan jika kamu menggunakan bambu yang muda juga tidak baik karena seratnya yang masih tajam. Selanjutnya ketika memilih bambu, perhatikan ruas bambu. Pilihlah bambu yang mempunyai ruas yang saling sejajar. Setelah bahan sudah siap, maka siapkanlah alat-alat yang akan digunakan seperti gergaji, pisau, paku ukuran kecil, dan juga parang.

Setelah semua bahan dan alat sudah siap, maka langkah awal yang harus kamu lakukan adalah membelah bambu secara singkron dengan buku-bukunya. Pangkas dengan rapi menggunakan parang atau bisa juga dengan menggunakan gergaji. Setelah bambu terpotong rapih, keringkan bambu dibawah sinar matahari.

Hal ini dilakukan untuk menghilangkan kandungan air yang terdapat di dalam bambu. Jemur selama beberapa hari sampai bambu benar-benar kering. Setelah bambu kering, belah bambu menjadi 2 bagian. Belahlah bambu secara vertikal sehingga kamu bisa mendapatkan lekukan bambu yang konkaf.

Setelah itu raut potongan bambu dengan menggunakan pisau. Selanjutnya kita masuk dalam proses menganyam. Siapkan 2 helai potongan bambu, satu bambu menghadap ke dading dan yang satunya lagi menghadap ke kulit. Kemudian siapkan sumbu anyaman berupa satu helai potongan bambu yang panjang.

Sumbu satunya sebaiknya menggunakan ukuran zig-zag, hal ini akan lebih mempermudah kamu dalam menganyam bambu. Buatlah sebuah sudut anyaman dengan cara menyilangkan kembali anyaman loka sebaliknya. Kemudian lipat itisan bambu agar sejajar dengan bagian sumbu bagian tengah.

Untuk hitungan pada anyaman sebaiknya menggunakan hitungan 1-3-1. Hitungan anyaman ini merupakan hitungan yang paling sederhana dalam membuat anyaman bambu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *