Permainan Masa Kecilku dan Sejarahnya

Permainan masa kecil pada zaman saya masih tradisional banget mungkin Sebagian orang tidak mengenalnya karena perbedaan tempat kelahiran,lokasi, dan yang paling utama beda zaman. kebanyakan anak zaman sekarang(zaman modern), tidak seperti anak atau orang dulu yang melakukan permainan yang lebih banyak bergerak melainkan sebaliknya.

Rata-rata mata anak zaman sekarang lebih dominan tertuju pada gadget dan hanya duduk dengan mata terpaku pada gadget, sangat di sayangkan permainan-permainan tradisional yang mengasyikkan seperti hilang di telan zaman.

Di bawah ini adakah beberapa pengalaman permainan mimin di waktu kecil langsung saja ..

Permainan Kelereng

From : beritahati.com

From : beritahati.com

Kelereng atau nekeran (dalam bahasa jawa) adalah mainan sejenis bola kecil yang terbuat dari kaca, agate atau tanah liat, Ukurannya sangat bermacam-macam, biasanya  ½ inch (1.25 cm) dari ujung ke ujung. Kadang kelereng di koleksi untuk tujuan tertentu karena warnanya yang estetik.

Sejarah Kelereng

Tertulis dalam sejarah pada abad ke-12, di prancis kelereng dikenal dengan bille, Lain halnya di belanda, lebih dikenal dengan sebutan knikkers. lalu, adakah pengaruh belanda dengan jawa khususnya?, jelas ada mengingat belanda pernah menginap di indonesia, knikkers diserap oleh orang jawa dengan sebutan nekker.

From : tribunnews.com

From : tribunnews.com

Pada tahun 1694. Di inggris kelereng dikenal dengan nama marbles. Marbles sendiri berguna untuk menyebut kelereng yang terbuat dari kaca ataupun marmer yang di impor dari jerman, tapi, jauh sebelumnya, masyarakat khususnya anak-anak di inggris telah akrab menyebutnya dengan knikkers atau bowls.

Kepopuleran  kelereng di inggris dan negara eropa lainnya mulai abad ke-16 sampai abad ke-19. Setelah itu kelereng baru menyebar ke negara lain seperti amerika, yang bahan bakunya adalah tanah liat yang di produksi secara besar-besaran.

Pada tahun 300 SM, jauh pada peradaban mesir kuno, kelereng terbuat dari batu atau tanah liat. Kelereng tertua dipegang oleh the british Museum,London berasal dari tahun 2000-1700 SM. knikkers atau kelereng tersebut ditemukan di kreta pada situs minoan of petsofa.

From : hartamusi.wordpress.com

From : hartamusi.wordpress.com

Pada zaman romawi, permainan kelereng sudah dimainkan secara luas, bahkan kelereng juga menjadi salah satu bagian dari festival Saturnalia, yang biasa diadakan sebelum perayaan Natal. pada saat itu orang-orang saling memberikan kelereng satu sama lain sebagai tanda persahabatan.

Ada seorang yang sangat menggemari kelereng ia adalah Octavian, kelak menjadi kaisar. Layaknya permainan pada umumnya, pada saat itu di romawi juga mempunyai aturan resmi, dan peraturan tersebut menjadi dasar aturan permainan kelereng sampai sekarang.

Tekhnologi pembuatan kelereng dari kaca ditemukan pada tahun 1864 di jerman. Kelereng yang awalnya satu warna, menjadi warna-warni seperti permen. Tekhnologi ini cepat menyebar ke suluruh Eropa dan Amerika.Namun,Karena perang Dunia ke II, pengiriman mesin-mesin pembuat kelereng sempat terhenti dan akhirnya masing-masing negara mengembankannya sendiri.

Aturan Main

Jenis permainan kelereng yang biasa dimainkan adalah main porces. Cara mainnya :

  1. menggambar segitiga sama kaki di bidang datar tanah,mester dsbg.

    From : xn--tib.blogspot.com

    From : xn--tib.blogspot.com

  2. masing-masing pemain menaruh sebuah kelereng di atas segitiga tersebut.Biasa di sebut buah pasangan atau kelereng yang dipertaruhkan, Jumlah kelereng tergantung jumlah pemain. Biasanya dilakukan paling sedikit adalah pemain pemain atau idealnya enam pemain,kalau lebih dari enam di buat menjadi dua kelompok.
  3. Permainan dimulai dengan cara setiap pemain menggunakan sebuah kelereng sebagai gacuannya, lalu melempar buah pasangan tersebut dari jarak 2 atau 3 meter.
    From : silviananoerita.com

    From : silviananoerita.com

    Pemain bergantian melempar sesuai urutan yang berdasarkan dari hasil suit jari tangan, pelemparan Gacao dilakukan dengan cara membidik dan menembakkannya secara keras bermaksud mengenai buah pasangan atau bermaksud lemparan mendarat dilapangan permainan terjauh.

  4. Permainan di awalai oleh siapa yang berhasil mengenai buah pasangan, ia yang mendapat giliran pertama,jika tidak ada yang mengenai buah pasangan , maka yang memulai duluan adalah pemain yang gaconya paling jauh.

    From : inspiring-aya.blogspot.com

    From : inspiring-aya.blogspot.com

  5. Pemain berusaha menghabiskan buah pasangan yang berada dalam segitiga pada saaat giliran bermain.
    From ; idbelongs.blogspot.com

    From ; idbelongs.blogspot.com

    Ada beberapa orang yang dalam sekali main dapat menghabiskan buah pasangan yang berada di dalam segitiga, tanda kalau ia memang terampil atau titis ( dalam bahasa Jawa). Berbagai trick untuk menang dilakukan, salah satunya kalau tidak diburu gacoan lawan, maka ada dua pilihan yaitu menembakkan gacoan ke tempat yang kosong agar tidak di incar lawan atau sebaliknya. Dan yang gaconya di tembak lawan (kena) maka di anggap gugur.

  6. Pemain yang mampu menghabiskan buah pasangan terakhir dilanjutkan berburu gacoan lawan.
  7. Pemain yang gaconya dikenai tembakan lawan maka dia mati, dan selesailah permainan tersebut.

    > Jangan salah walau permainan Tradisional tapi banyak manfaatnya seperti :

    1. Melatih kemampuan untuk berfikir
    2. Mengatur  emosi
    3. Melatih kesabaran
    4. Melatih kejujuran
    5. Melatih tingkat ketelitian dan kecermatan
    6. Melatih kemampuan berkompetisi

Speak Your Mind

*